Selasa, 04 Juni 2013

INFORMASI


Semenjak MBS disosialisasikan pada tahun 2003, sekolah kami mulai
melaksanakan MBS berdasarkan pilar-pilar yang telah ditentukan, antara lain:

Pilar PAKEM :
Karya siswa ada di setiap kelas.
Hasil karya tersebut ada di tiap kelas. Idealnya untuk semua mata pelajaran.
 Kerja praktek dalam pembelajaran.
 Guru dalam setiap pembelajaran menggunakan alat bantu belajar/ mengajar  (dapat memakai   
 buatan sendiri ataupun memanfaatkan lingkungan sekitar ).
 Setiap ruang kelas ada pemajangan karya siswa.

Kelompok kerja yang flexible
·        Mengatur tempat duduk siswa
·         Siswa melaksanakan pembelajaran dengan kelompok kecil/ berpasangan.
·         Siswa belajar di luar kelas.
Penilaian dengan umpan balik.
Sudut baca dalam tiap kelas, mading dan perpustakaan sekolah.
Pemanfaatan waktu jam pelajaran secara aktif.
Kesiapan guru dalam mengajar.
- Silabus                      - KKM
- RPP                           - Pengayaan
- Remidi                      - dst
 
Pertanggung jawaban kinerja guru.
-           Buku khusus perkembangan siswa 
-           Laporan hasil belajar siswa  
-           Buku penghubung dll 

Pilar Manajemen  

RPPS : program 8 th, 4 th, 1 th ( pelaksanaan, prosentasi ketercapaian ) 
RAPBS : disusun oleh kepala sekolah, guru, dan komite.
Meliputi pengelolaan, kesesuaian belanja dengan RAPBS.
KKG                           - MKKS
KKKS                         - MGMP

—  Tugas Kepala Sekolah:

Edukator  :
Kemampuan membimbing guru
Kemampuan membimbing karyawan
Kemampuan membimbing siswa
Kemampuan membimbing staf
Memberi contoh mengajar yang baik
Belajar mengikuti IPTEK
Manajer :
Kemampuan menyusun program
Kemampuan menyusun organisasi/ personal
Kemampuan menggerakkan staf guru
Kemampuan  mengoptimalkan SDM sekolah 

Administrator
Mengelola administrasi KBM
Mengelola administrasi kesiswaan
Mengelola administrasi ketenagaan
Mengelola administrasi keuangan
Mengelola administrasi sarpras
Mengelola administrasi personalia

Supervisor
Kemampuan menyusun perangkat supervisi
Kemampuan melaksanakan supervisi
Kemampuan menggunakan hasil supervisi

Leader
Kepribadian yang kuat
Memahami kondisi anak buah dengan baik
Memilikidan menaati misi sekolah
Memiliki kemampuan mengambil keputusan
Memiliki kemampuan berkomunikasi

Peningkatan mutu
Peningkatan kualifikasi tenaga kependidikan
Meningkatkan kemampuan akademik siswa
Penghargaan dan sangsi kepada siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar